4 Tips Belajar Fokus Saat Pandemi!! Bisa Dicoba

Kebanyakan pelajar baik siswa yang masih duduk di bangku sekolah maupun mahasiswa merasa pesimis terhadap materi pembelajaran yang didapatkannya. Padahal nanti ilmu inilah yang akan berpengaruh pada masa depan. Hanya saja kamu tak peru khawatir karena berikut ada tips belajar fokus saat pandemi.

Tips Belajar Fokus Saat Pandemi Ini Bisa Dicoba

1. Disiplin dalam mengatur waktu

Sikap disiplin merupakan suatu perkara yang mudah diucapkan atau direncanakan namun sulit direncanakan. Inilah yang saat ini menjadi keluhan pelajar di luaran sana, akrena adanya pandemi membuat mereka menjadi mati kutu untuk bisa fokus belajar.

Adapun tips belajar fokus saat pandemi pertama yang dapat kamu lakukan yakni memulai mencoba mengatur waktu mulai dari bangun tidur hingga nanti akna tidur lagi. Pastikan kamu tidak telat untuk mengikuti kelas online sesuai dengan jam yang sudah ditetapkan.

Usahakan untuk tidak belajar di kamar tidur karena grafitasi dari kasur akan terasa sangat kuat. Lebih baik pindah di ruangan lain yang kamu rasa paling nyaman. Selain itu seimbangkan untuk tetap melakukan aktifitas ataupun hobi yang dimiliki agar energi dalam tubuh bisa tersalurkan.

2. Menulis ulang materi yang telah disampaikan

Karena kelas online kamu jadi malas untuk mempelajari apa yang disampaikan oleh pengajar akan memberikan dampak yang kurang baik. Untuk itu lakukan penulisan ulang terhadap materi-materinya untuk membantu mempermudah mengingat informasi.

Nantinya ketika kamu menulis otak akan memproses informasi dan menyimpannya dalam bentuk tidak langsung. Persiapkan catatan dalam bentuk poin-poin dalam sehari belajar. Ketika nanti ujian catatan inilah yang akan membantu.

3. Tidur yang cukup dan jangan begadang

Kegiatan di rumah seharian memang membuat orang-orang menjadi lebih santai sehingga tidur pun akan dilakukan lebih malam lagi daripada biasanya. Hanya saja terlalu sering begadang juga dapat menganggu kesehatan tubuh, makanya akan lebih baik jika dikurangi.

Baca juga  Bekal mahasiswa untuk update perkembangan Pusat Informasi Corona, Serta Tips agar bisa betah di kos-kosan

Selain itu isirahat yang cukup menjadi salah satu tips belajar fokus saat pandemi yang sangat efektif. Pasalanya kinerja otak akan lebih maksimal dalam menyerap materi pelajaran.

4. Belajar dalam waktu yang tidak terlalu lama

Tips terakhir adalah belajar dengan waktu yang tidak terlalu lama namun lakukan secara rutin. Tujuannya supaya otak tidak terlalu lelah yang pada akhirnya akan mempengaruhi kegiatan yang lainnya. Selain itu usahakan untuk mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang sudah diberikan.

Jangan terlalu banyak menunda, karena nanti akan menumpuk dan kamu pasti akan merasa malas berkali-kali lipat. Jadi buat target saja untuk mengerjakan tugas yang deadlinenya mepet kemudian dilanjutkan untuk mengerjakan yang lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai tips belajar fokus saat pandemi untuk pelajar maupun mahasiswa. Meskipun pergerakan saat ini terbatas, namun jangan membuat kamu lengah untuk tidak mencari ilmu.

Tinggalkan Balasan