Rekomendasi 7 Situs Jurnal Internasional Terpercaya dan Terbaik

Seorang peneliti, dosen, atau mahasiswa pasti membutuhkan referensi jurnal internasional untuk penelitian. Jika Anda sedang mencari situs untuk mengakses jurnal internasional, simak 7 rekomendasi situs jurnal Internasional terbaik yang bisa Anda akses berikut ini.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah situs jurnal tingkat internasional yang berisi jurnal dan artikel ilmiah yang bisa diakses oleh siapapun secara gratis. Situs DOAJ ini rilis pada tahun 2003. Sejak situs ini rilis, sudah ada 11.000 jurnal yang berasal dari 127 negara. Tidak hanya itu, di situs ini juga ada lebih dari 4 juta artikel yang bisa Anda akses.

ScienceDirect

ScienceDirect adalah sebuah situs jurnal internasional yang menyediakan berbagai macam referensi jurnal Internasional. Situs ini juga sudah sangat terkenal dan tak asing lagi di kalangan mahasiswa, peneliti dan dosen.

Namun, situs ini juga banyak memiliki jurnal artikel ilmiah yang berbayar. Bagi Anda yang tidak ingin membayar, maka bisa masuk ke situs ini dan membaca abstrak penelitian tersebut.

ResearchGate

ResearchGate juga salah satu situs penyedia jurnal internasional khusus untuk para peneliti. Dalam situs tersebut, terdapat juga forum diskusi yang bisa diakses para peneliti dari berbagai penjuru dunia.

Namun, jangan khawatir karena situs ini masih dapat diakses oleh mahasiswa untuk mencari referensi jurnal secara gratis. Namun, memang ada beberapa jurnal yang membutuhkan izin akses dari penulisnya.

Microsoft Academic

Microsoft Academic merupakan situs jurnal internasional yang terbilang unik karena menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris  dan Bahasa Indonesia. Ketikkan kata kunci yang ingin Anda cari, jika ingin mencari referensi jurnal internsional.

Sistem pencarian dalam situs ini juga dapat melakukan filter, seperti pencarian jurnal berdasarkan penulis, tahun terbit jurnal, dan filter lainnya. Fitur ini tentu memudahkan Anda dalam mencari jurnal yang Anda inginkan.  

Baca juga  Jiwa Muda dan Pendidikan

Google Scholar

Google Scholar adalah situs jurnal internasional yang merupakan milik perusahaan Google. Dalam situs ini telah tersedia ratusan jurnal ilmiah internasional yang bisa Anda akses dengan beragam format.

Jenis karya ilmiah yang tersedia pun beragam, mulai dari jurnal, tesis, e-book, dan karya ilmiah lainnya. Anda juga bisa mengakses situs ini secara gratis.

ProQuest

ProQuest adalah jenis pangkalan data atau database jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, USA. Situs ini menyediakan berbagai referensi ilmiah bagi dosen, peneliti, dan mahasiswa. Anda bisa mencari jurnal internsional yang ingin Anda jadikan referensi berdasarkan kata kunci.

Academia.edu

Para dosen dan peneliti tentunya telah mengetahui situs  Academia.edu ini, karena memang sudah terkenal. Situs ini pada umumnya dikenal sebagai jejaring sosial para akademisi untuk berbagi hasil penelitian mereka.

Untuk mengunduh jurnal di situs ini, Anda harus membuat akun atau menyingkronkan akun Google atau Facebook dengan situs ini.

Tinggalkan Balasan