Ini Cara Review Jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia yang Mudah!

Mengetahui cara review jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia sangat penting untuk pelajar maupun mahasiswa. Nah, bagi Anda yang belum tahu caranya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Menulis Pengenalan Jurnal

Langkah awal yang perlu Anda lakuka adalah tulis pengenalan jurnal tersebut, seperti mengetahui nama penulis, judul jurnal dan identitas penting lainnya.

Pengenalan jurnal ini tidak perlu terlalu panjang, Anda hanya cukup menulis ekitar 1-2 paragraf saja. Namun, pastikan tidak ada data yang salah saat menulisnya karena akan berakibat fatal pada hasil review.

Mengetahui Latar Belakang Penelitian

Ketahui terlebih dahulu latar belakang dari penelitian di dalam jurnal yang Anda review. Lalu, catat poin-poin penting yang bisa Anda jadikan sebagai acuan review.

Contoh poin penting yang bisa Anda catat yaitu tujuan penelitian, teori apa yang mendasari penelitian, alasan dan tujuan dari penelitian tersebut. tahap kedua dalam cara review jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena akan mempengaruhi ke tahap selanjutnya.

Menyiapkan Referensi

Cara review jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia  yang selanjutnya yaitu menyiapkan referensi. Sebelum mulai membaca bagian inti jurnal, sebaiknya Anda menyiapkan sejumlah referensi penting yang digunakan untuk mereview jurnal tersebut.

Terdapat banyak ragam pilihan referensi yang bisa Anda gunakan untuk mereview jurnal. Namun, pastikan referensi yang Anda gunakan tersebut sesuai dan relevan dengan isi pembahasan jurnal serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pelajari Metode dan Subjek Penelitian

Cara review jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia yang selanjutnya yaitu mempelajari metode penelitian dan subjek penelitian. Catatlah poin penting dalam penelitian tersebut, seperti metode yang digunakan penulis, subjek yang dijadikan sebagai acuan, alur penelitian, prosedur penelitian dan sebagainya.

Baca juga  Tips Mendapatkan Nilai IPK 4.0 - Mendapatkan IPK Tinggi

Perlu diperhatikan juga bahwa jurnal internasional terkadang menggunakan metode penelitian yang beragam dan terdapat inovasi baru di dalamnya. Perbedaan metode penelitian ini biasanya tergantung dari masalah yang dikaji dan subjek penelitian.

Pelajari Hasil Penelitian

Catat seluruh poin-poin penting dari hasil penelitian di sebuah jurnal dengan metode dan subjek yang dipilih. Perhatikan juga apakah hasil penelitian tersebut berhasil atau mengalami tidak.  Jika berhasil, tulislah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan penelitian tersebut.

Namun, jika penelitian tidak berhasil, tuliskan juga faktor yang menyebabkan kegagalan dari penelitian tersebut. Ketika Anda mencatat hasil penelitian, sebaiknya gunakankan angka-angka yang bertujuan untuk memperkuat review.

Membuat Kesimpulan dan Saran

Sama halnya seperti Anda mereview jurnal pada umumnya, di tahap akhir cara review jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Anda juga wajib membuat kesimpulan dari pembahasan awal hingga akhir.

Ketika menulis sebuah kesimpulan, cantumkan juga hasil penelitian menggunakan angka-angka untuk menunjukkan keasliannya.

Jangan lupa juga untuk menulis saran, baik itu saran yang ditujukan untuk penulis jurnal atau saran untuk para pembaca review Anda. Berikanlah saran yang memiliki manfaat untuk mengembangkan penelitian atau membantu memecahkan masalah yang dibahas atau dikaji pada jurnal tersebut.

Tinggalkan Balasan