Tips Cara Memilih Laptop yang Cocok untuk Kuliah

Laptop atau PC bagi mahasiswa itu seperti buku saat sekolah. Meskipun tidak diwajibkan memilikinya namun akan terasa sangat keteteran jika tugas sudah mulai masuk. Namun masalahnya bagi mahasiswa baru masih banyak yang bingung terkait cara memilih laptop yang cocok untuk kuliah.

Tips dan Cara Memilih Laptop yang Cocok untuk Kuliah

Pasalnya spesifikasi dari setiap merek itu tidaklah sama, jadi ditakutkan memang tidak muat untuk menyimpan file-file kuliah, ataupun hal lainnya. Nah, untuk menjawab keraguan kamu dalam membeli laptop, silahkan simak  beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan jumlah budget yang dimiiki

Dalam melakukan cara memilih laptop yang cocok untuk kuliah hal pertama kali yang harus kamu perhatikan ialah budget yang dimiliki. Kemampuan setiao orang berbeda-beda, jadi usahakan kamu tidak terlalu gengsi memiliki laptop dengan harga 3 sampai 4 jutaan.

Pada umumnya laptop yang dibandrol dengan harga sekian ini sudah termasuk lumayan. Artinya spesifikasi dan teknologi yang dibawanya sudah canggih, sehingga tetap nyaman ketika dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

2. Memilih laptop yang spesifikasinya sesuai kebutuhan

Langkah kedua yakni memilih laptop dengan spesifikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tentunya hal ini didasari dengan jurusan yang saat ini kamu ambil. Bagi mahasiswa manajamen mungkin laptop yang dibutuhkan ialah memilih RAM 4GB dan VGA minimal 2GB.

Namun untuk mahasiswa manajemen membeli laptop yang RAM nya dibawah 2Gb pun tidak masalah karena tugasnya mungkin hanya sekedar file-file ringan. Untuk itulah mengapa kamu harus menyesuaikan antara spesifikasi dan kegunaan.

3. Membeli laptop yang sanggup multitasking

Perlu kamu tahu kemampuan untuk setiap laptop berbeda-beda, semua ini tergantung dengan merek dan sistem yang dibekalkan. Untuk itulah kenapa sangat disarankan kamu mengutamakan laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk melakukan multitasking cukup berat.

Baca juga  Bekal mahasiswa untuk update perkembangan Pusat Informasi Corona, Serta Tips agar bisa betah di kos-kosan

Tips berikutnya ialah membeli laptop yang sanggup multitasking artinya mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus secara bersamaan. Hal ini biasanya sering disepelekan namun jika nanti mau digunakan untuk beberapa aktifitas tidak bisa baru mengeluh.

4. Membeli laptop yang Memiliki Garansi Jelas

Satu hal penting lagi yang menjadi cara memilih laptop yang cocok untuk kuliah yakni membeli yang sudah bergaransi. Jikalau nanti ada masalah yang terjadi pada laptop, dan garansi tersebut masih berlaku kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membawanya ke tukang service.

Bawa saja ke tempat dimana kamu membeli laptop tersebut. Maka pekerjanya akan langsung menangani kerusakannya, bahkan jika waktu kerusakan dengan jangka beli pendek bisa jadi laptop diganti dengan yang baru lagi.

Itulah sekiranya 4 cara memilih laptop yang cocok untuk kuliah yang sangat mudah untuk kamu lakukan. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan dan menyesal nantinya. Karena akan sangat rugi dengan uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli laptop.

Tinggalkan Balasan