Macam macam Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Perguruan tinggi seringkali menjadi tujuan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Dibandingkan dengan swasta peminat dari universitas naungan pemerintah lebih banyak. Namun untuk bisa lolos dan menjadi salah satu mahasiswannya harus mengikuti jalur masuk perguruan tinggi negeri yang ada.

Dimana jalur tersebut ada 3 yang paling utama, dan semuanya mewajibkan kamu untuk belajar karena ada tes. Nah apa sajakah nama-nama dari jalur tersebut, berikut ini ulasannya.

  1. SNMPTN

SNMPTN diartikan sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini menjadi yang pertama kali diadakan sebelum ujian-ujian lainnya. Bisa dikatakan SNMPTN ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang tidak ingin melewati jalur tes secara pribadi.

Dalam SNMPTN biasanya nilai raport mulai dari semester 1 hingga 5 akan menjadi pertimbangannya. Selain itu adanya beberapa faktor lain seperti akreditasi sekolah, keberadaan alumni, hingga hoki sangat berpengaruh terhadap peluang untuk lolos dalam ujian ini.

Biasanya untuk bisa mendaftar SNMPTN kamu harus lewat sekolah dulu, yang nantinya pihak guru akan ikut andil untuk membantu baik dalam proses pemberkasan hingga mempersiapkan portofolio. Dibandingkan dengan seleksi yang lain SNMPTN dianggap paling mudah.

2. SBMPTN

Jalur masuk perguruan tinggi negeri yang kedua adalah SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jika pada SNMPTN lebih mengutamakn prestasi akademik dan non akademik di sekolah, pada tes ini perjuangan kamu yang akan menjadi tolak ukur kelulusan.

Bagaimana tidak kamu harus belajar mati-matian agar mendapatkan skor yang tinggi dan diterima oleh kampus impian. Mungkin dulu tes ini lebih sulit karena ada nilai minus untuk setiap soal salah, namun sekarang ini sudah tidak ada lagi jadi kamu bisa mengambil kesempatan yang ada.

Baca juga  Tips Meningkatkan dan Membangun Rasa Percaya diri

Banyak cerita yang sudah dialami oleh calon mahasiswa saat ingin mengikuti tes SBMPTN. Mulai dari pendaftaran, belajar, hingga bertarung di dalam ruangan dengan ribuan alumni lainnya demi memperebutkan bangku di perguruan tinggi negeri.

3. Mandiri

Jika kamu telah mengikuti jalur masuk perguruan tinggi negeri diatas namun tidak berhasil lolos, tenang jangan bersedih lagi, karena masih ada satu jalur yakni Mandiri.

Sama halnya dengan proses SBMPTN, dimana nilai tes lah yang akan menjadi penentu apakah kamu layak menjadi mahasiswa di universitas tersebut atau tidak.

Namun tidak semua universitas negeri mengadakan seleksi ini, karena umumnya diadakan tes Mandiri ialah kuota dalam seleksi-seleksi sebelumnya belum terpenuhi. Hanya saja ada yang sengaja mengosongkan kursinya untuk memberikan kesempatan anak-anak yang ikut ujian Mandiri.

Ituah 3 jenis jalur masuk perguruan tinggi negeri yang paling umum diikuti oleh calon mahasiswa. Setiap tes mempunyai karakteristik dan persyaratan sendiri, jadi jika kamu ingin mendaftar pastikan memahami apa saja syarat dan ketentuan yang harus dilakukan.

One thought on “Macam macam Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: