Mahasiswa adalah? Pengertian mahasiswa peran dan fungsi mahasiswa serta definisi mahasiswa

Mahasiswa adalah seorang yang menempuh Pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi. Akan tetapi mahasiswa bukan sekedar seseorang yang hanya belajar di perguruan tinggi akan tetapi mahasiswa memiliki arti yang cukup luas.

Kata mahasiswa berasal dari kata “maha” dan “siswa” yang artinya “maha” yaitu besar sedangkan siswa yaitu seorang pelajar, jadi mahasiswa yaitu seseorang yang menjadi agen perubahan besar, dan secara umum mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dibandingkan dengan seorang siswa, yang biasanya seorang siswa masih menunggu intruksi dari guru akan tetapi mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif agar semua tindakannya bisa berbuah hasil.

Menjadi mahasiswa adalah suatu kebanggan tersendiri dan sekaligus menjadi tantangan, karena mejadi mahasiswa akan mendapatkan tanggung jawab yang besar dimana mahasiswa diharapkan bisa memberikan solusi dari permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat baik negara dan dunia.

Peran dan fungsi mahasiswa

Untuk peran dan fungsi dari mahasiswa ada beberapa pendapat:

GUARDIAN OF VALUE

Ketika kalian sudah menjadi mahasiswa otomatis kalian berperan untuk menajaga nilai nilai masyarakat yaitu menjunjung tinggi kejujuran, gotong royong, keadilan dan sifat sifat lain yang di butuhkan di dalam kehidupan masyararakat lainnya.

AGENT OF CHANGE

Mahasiswa  bertindak sebagai penggerak masyarakat yang dapat bergerak dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi, tidak ada waktunya lagi sebagai orang berpendidikan untuk tidak peduli dan hanya diam dengan permasalahan yang ada di dalam masyarakat dan negara.

MORAL FORCE

Sebagai mahasiswa atau pelajar tingkat tinggi diwajibkan mempunyai moral yang baik juga. Tingkat dari intelektual mahasiswa akan di sejajarkan dengan moralitasnya di dalam kehidupannya. Dengan ini mengapa seorang yang berpendidikan tinggi di jadikan kekuatan sebagai contoh penggerak moral yang baik.

Baca juga  Dampak Positif dan Negatif Perkuliahan Online

Cukup sekian dari blog mahasiswa semoga bisa bermanfaat bagi kalian, jadilah mahasiswa yang bermoral baik dan berikan contoh untuk masyarakat yang baik dan jangan lupa untuk menggerakkan masyarakat untuk  perubahan yang lebih baik.

Salam mahasiswa

6 thoughts on “Mahasiswa adalah? Pengertian mahasiswa peran dan fungsi mahasiswa serta definisi mahasiswa

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: