Tips menghadapi uas atau uts kuliah mahasiswa, offline/online

Jelas besar perbedaan antara masa menjadi siswa / siswi SMA dengan menjadi Mahasiswa terutama dalam belajar hingga memahami sebuah mata kuliah Kita seringkali merasa panik saat menjelang UAS atau ujian akhir semester, entah takut akan kesulitan saat mengerjakan soal ataupun takut dengan waktu yang tidak akan cukup. Apalagi kalau kita tidak pernah memperhatikan materi yang telah disajikan dan malah kebingungan pada saat H-1 UAS. untuk mengurangi rasa panik tersebut simak 5 tips agar kamu lebih siap dalam mengahadapi UAS!

Buatlah rangkuman materi dan hiasi pakai stabilo

Dalam sebuah buku atau artikel biasanya akan banyak tulisan yang mungkin membuat kita malas membaca. Nah, cobalah untuk membuat rangkuman materi yang akan diujiankan dengan mengambil garis garis besar dari materi tersebut. Agar lebih menarik dan mata lebih segar dalam belajar pakailah stabilo dengan warna yang berbeda-beda misalnya warna kuning untuk judul dan warna yang berbeda untuk isinya.

Belajar kelompok

Jika kamu kesusahan dalam belajar sendirian carilah teman belajar untuk saling membagi materi, karena melihat orang lain belajar biasanya akan meningkatkan rasa ingin belajar kita juga. Selain itu kita bisa meningkatkan ilmu yang belum pernah kita dengar dari teman yang kita ajak belajar kelompok. Tapi ingat jangan ngerumpi yang tidak penting selama pembelajaran berlangsung karena hal itu akan membuat hilangnya konsentrasi dan motivasi untuk melanjutkan pembelajaran.

Teknik tanya jawab

Setelah kamu mempelajari materi untuk ujian cobalah meminta bantuan kepada teman kerabat ataupun keluarga untuk menanyakan kembali materi materi yang telah kamu pelajari, teknik tanya jawab ini dapat melatih ingatan kamu dan membuat kamu lebih yakin dengan apa yang telah kamu pelajari!

Baca juga  Tips Bagaimana Cara Mengolah Waktu Dengan Baik

Kebut semalam

Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh banyak orang, caranya adalah satu hari sebelum ujian kamu harus fokus belajar dan menghafalkan semua materi yang telah kamu rangkum dan menjauhi gadget dan hal-hal yang akan menganggu. Cara ini biasanya digunakan oleh mereka yang tidak belajar pada setiap selesai pertemuan kelas.

Membagi hari untuk belajar

Jika materi yang akan diujiankan terlalu banyak kamu dapat membagi materi materi tersebut dalam dua hari atau tiga hari ataupun belajar pada saat pagi dan malam. Teknik belajar ini akan membiarkan otak kamu istirahat dan tidak terlalu stres pada saat belajar.

Motivasi untuk diri sendiri

Yang terakhir adalah motivasi untuk diri sendiri juga sangat penting dalam belajar sebelum UAS , hal ini mungkin banyak diremehkan oleh orang – orang saat belajar,  kalian dapat membuat sebuah poster yang berisikan kata-kata motivasi seperti “Makin awal kamu memulai pekerjaan, makin awal pula kamu akan melihat hasilnya.” Lalu , biasakan kalian mempunyai patokan dalam mencapai sesuatu hal itu juga dapat memotivasi kamu untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih dalam mengerjakan UAS nanti.

Inilah kelima tips untuk kamu yang suka panik pada saat menghadapi ujian akhir semester intinya belajar itu berasal dari niat, jika tidak niat maka kamu tidak dapat melakukan segala metode cara belajar yang telah kamu baca namun jika kamu niat maka bagaimanapun metode belajar yang telah kamu terapkan maka materi materi tersebut akan lebih mudah untuk diingat, dimengerti dan dikerjakan pada saat ujian nanti. Good luck ya!

Tinggalkan Balasan