Tips Produktif di Rumah Saat Pandemi Bagi Mahasiswa yang Kerja WFH

Larangan dari pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah menjadikan sebagaian orang lebih sering mager di kamar dan tidak produktif. Padahal hal ini dapat diminimalisirkan dengan cara melakukan berbagai tips produktif di rumah saat pandemi supaya kegiatan kamu dapat terorganisir dengan baik.

1. Membuat ruang kerja pribadi

Seperti yang sudah diumumkan oleh pemerintah bahwa kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah harus dilakukan di rumah untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Maka dari itu muncul sebutan WFH atau Work From Home.

Jika kamu ingin menjalankan tips produktif di rumah saat pandemi usahakan untuk membuat ruang kerja pribadi di rumah. Sebab jika tidak ada ruangan untuk kerja saat menyelesaikan pekerjaan jarak jauh dapat berdampak pada penurunan produktivitas.

Jadi, hindari sebisa mungkin untuk berbaring di tempat tidur dengan laptop, dan cobalah menciptakan suasana yang lebih kondusif. Misalnya menyediakan meja dan kursi untuk bekerja sertai memindahkannya ke tempat yang jauh dari kebisingan.

2. Menciptakan batasan jam kerja

Tips berikutnya ialah menciptakan batasan untuk jam kerja. Dalam suatu survei menunjukkan bahwa para pekerja yang melakukan WF banyak yang mengeluh jika tidak mampu memberikan batasan saat menyelesaikan pekerjaannya.

Sehingga wajib hukumnya untuk membuat batasan jam itu sendiri. Disamping itu kamu bisa melakukan hal-hal ringan setelah bekerja seperti minum kopi 20 menit di pagi hari dan olahraga ringan, belajar, dan menyelesaikan tugas dari dosen. Jadi semua harus ada porsinya masing-masing.

3. Tetap menghidupkan komunikasi antar tim

Merebaknya virus corona atau tidaknya bukanlah suatu alasan bagi kamu untuk tidak melakukan kegiatan pekerjaan secara produktif. Pada dasarnya kunci utama untuk bekerja di rumah adalah tetap menghidupkan komunikasi yang jelas dengan bos ataupun tim.

Baca juga  Tips Meningkatkan dan Membangun Rasa Percaya diri

Hal ini akan menunjang kamu tetap mengetahui persis apa yang diharapkan pimpinan. Saat ini kan sudah ada banyak aplikasi yang berguna untuk menunjang komunikasi, bahkan meeting. Misalnya saja seperti meet, zoom, dan lain sebagainya, jadi sebisa mungkin memanfaatkan untuk pekerjaan.

4. Selalu bersemangat

Tips produktif di rumah saat pandemi yang terakhir adalah selalu menunjukkan rasa semangat yang tinggi. Sikap inilah yang akan membantu mendorong Anda supaya tidak malas dan berusaha sebaik mungkin menyelesaikan tanggungjawab sebagai karyawan.

Terlebih kamu saat ini diberikan kesempatan untuk mengerjakan semua pekerjaan dari rumah. Tentu tidak hanya pekerjaan sampingan saja kan, namun juga kuliah yang semuanya dilakukan secara online. Itulah setidaknya penjelasan yang dapat disampaikan tentang tips produktif di rumah saat pandemi ketika menjalani WFH bagi mahasiswa. Dengan adanya tips ini Anda bisa mulai mengatur waktu untuk bekerja, dan bersama keluarga. Disamping itu tetap maksimalkan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan